Minggu, 13 Februari 2011

Ellen G. White: NABI TUHAN ATAU NABI SETAN? (Pendiri Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh)

Tulisan ini sengaja dibuat untuk memberikan doktrin yang benar mengenai Alkitab. Saya dengan teguh berpegang bahwa TIDAK ADA FIRMAN LAIN SELAIN ALKITAB. Kebenaran yang ada dalam Alkitab sudah final dan tidak perlu ditambahkan lagi seakan-akan apa yang Tuhan wahyukan belum lengkap. Namun beberapa orang Advent tetap berpendapat dengan menggunakan beberapa ayat Alkitab yang sebenarnya lepas dari konteks dan berkata bahwa Nubuatan masih tetap ada dimana artinya Tuhan bisa saja memberikan pewahyuan baru.

Sebenarnya apa yang mereka percayai pada akhirnya sama dengan Gereja Mormon atau Saksi Yehova. Dimana pada awalnya mereka menganggap tulisan pendiri mereka sebagai penerang dalam membaca Alkitab.  Semuanya berkata bahwa tulisan mereka adalah Nubuat. Lalu bagaimana dengan nubuat yang ada di bawah ini.

Mengapa saya menulis tentang Advent? Alasannya sederhana: karena mereka adalah aliran yang paling rajin (selain Saksi Yehova) menginjil kepada Orang Kristen dengan alasan bahwa penginjilan bukan hanya membawa orang percaya Yesus tapi juga mengajarkan mereka apa yang benar. Dan bagi orang Advent, apa yang benar adalah apa yang Alkitab dan Ellen G. White katakan. Contohnya: apakah Alkitab pernah melarang orang untuk minum kopi dan teh? Lalu siapa yang melarang kalau bukan Ellen G. White?




NUBUATAN ELLEN G. WHITE BERTENTANGAN DENGAN FAKTA
White mengklaim mengenai kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang yang disingkapkan kepadanya: “Roh Allah membuka pikiran saya akan kebenaran dari firmanNya, serta beberapa adegan (kejadian) yang ada di masa lalu dan masa depan,  . . .”. The Great Controversy,p. xi. Dia membuat beberapa prediksi selama masa pelayanannya di Gereja Advent-Hari Ketujuh. Dan kita harus berani untuk mengujinya dengan terang kebenaran.

1. Masa depan Yerusalem
White menubuatkan bahwa "Yerusalem kuno tidak akan pernah dibangun lagi". Dalam Early Writings, p. 75, dia berkata, “... saya juga melihat bahwa Kota Tua Yerusalem (Old Jerusalem) tidak akan pernah dibangun kembali...". Yang perlu diingat, ketika White berkata Yerusalem sama sekali bukan Yerusalem dalam arti rohani melainkan Yerusalem dalam arti fisik. 
Kebenaran: Sejak kelahiran kembali Negara Israel tahun 1948, kita dapat melihat dengan pasti akan pembangunan Yerusalem. Orang Advent sering berkata bahwa apa yang dimaksud White dengan Yerusalem adalah Yerusalem dalam arti rakyat dan paham, tapi kalau kita melihat konteks, yang dimaksud adalah Yerusalem secara fisik.

2. White masih hidup ketika Yesus datang kembali
Dia memprediksi (atau dia menyebutnya dengan bernubuat) bahwa dia masih hidup ketika Yesus datang. "Kemudian kubur-kubur terbuka dan orang mati akan keluar mengenakan pakaian keabadian. ke-144.000 orang itu kemudian akan bersorak "Haleluya!" ... pada saat yang sama kita akan berubah dan terangkat bersama-sama dengan mereka ..." Early Writings, pp. 15-16. 
Perlu kita pahami disini adalah bahwa, White membagi orang dalam dua kelompok ketika Yesus datang. Kelompok pertama adalah kelompok orang yang sudah mati sebelum kedatangan Yesus dan yang kedua adalah kelompok yang masih hidup. Dan White memasukkan dirinya sebagai orang yang masih tetap hidup (perhatikan kata kita akan berubah) ketika Yesus datang.
Kebenaran: Ellen G. White meninggal di rumahnya dekat St. Helena, California tanggal 16 Juli 1915. Delapan hari kemudian ia dikuburkan berdampingan dengan suaminya James White di Pekuburan Oak Hill, Battle Creek, Michigan. Dan sampai dengan tahun 2010, dan Yesus belum datang juga untuk kedua kalinya.

3. Inggris akan menyerang Amerika Serikat
Tahun 1862, White menubuatkan, “ketika Inggris mendeklarasikan perang (melawan pasukan Utara dalam masa perang saudara), seluruh bangsa akan kepentingannya masing-masing ..." Selanjutnya White kembali mengatakan "Bangsa ini (Amerika Serikat) akan menjadi seperti debu [humbled in to the dust]" Testimonies for the Church, Vol. 1, p. 259.
Kebenaran: Sejarah perang Amerika jelas sekali menunjukkan bahwa Inggris sama sekali tidak pernah mendeklarasikan perang terhadap Amerika selama masa perang saudara, dan sampai saat ini Amerika Serikat masih eksis dan sama sekali tidak menghamba kepada Inggris ataupun Britania Raya.

4. Perang Saudara di AS merupakan tanda kedatangan Yesus kedua kali
"Saya melihat sebuah marabahaya yang besar yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Aku mendengar erangan dan teriakan serta melihat perusahaan-perusahaan besar terlibat pertempuran secara aktif. Aku mendengar dengungan meriam, bentrokan senjata serta pertempuran dengan tangan kosong serta erangan dan doa dari mereka yang sekarat.... Tanda-tanda kedatangan Kristus terlalu nyata untuk diragukan" Testimonies for the Church, Vol. 1,p. 260
Kebenaran: Sama seperti di atas, ternyata Amerika Serikat justru mengalami pertumbuhan setelah Perang Saudara.

5. Tahun 1850, White menyatakan Yesus akan datang
Beberapa orang percaya bahwa kedatangan Tuhan masih jauh, ... Saya melihat waktu Yesus untuk menempati tempat Maha Kudus hampir selesai Early Writings, p. 58.
Dalam pengelihatannya tanggal 27 Juni 1850, seorang Malaikat berkata bahwa "Waktunya sudah sangat dekat"... Malaikat itu berkata "Bersiap, bersiap, bersiap..." Early Writings, p. 64.
White kemudian melanjutkan lagi pesan yang didapat bahwa waktu Tuhan tinggal dalam hitungan bulan: "Tapi sekarang waktunya sudah hampir tiba, apa yang kita sudah pelajari selama bertahun-tahun, mereka (merujuk kepada orang yang terlambat mengenal kebenaran versi Advent) harus mempelajarinya dalam waktu beberapa bulan". Early Writings, p. 67.

6. Orang Advent yang hidup di tahun 1856 akan tetap hidup dan menyaksikan kedatangan Yesus
Bulan Mei 1856, White mendapatkan sekali lagi sebuah nubuatan yang unik ketika melakukan pertemuan di Battel Creek, Michigan.Dia menyatakan bahwa sebagian dari mereka akan mati dan menjadi "makanan cacing"dan sebagian lagi akan tetap hidup dan menjadi "subjects of the seven last plagues,” sementara yang lain akan  “tinggal di bumi" Testimonies forthe Church, Vol. 1, pp. 131-132

7. Dia melihat Henokh di Planet Yupiter atau Saturnus. 
Tuhan memberikan sebuah penglihatan mengenai dunia lain, Dia memberikan saya sayap dan seorang malaikat membawa saya ke sebuah tempat yang sangat bercahaya dan penuh kemuliaan... Kemudian saya dibawa lagi ke sebuah dunia yang memiliki tujuh bulan. Disana saya melihat Henokh...". Early Writings, pp. 39-40.
James White (suami Ellen G. White) memverifikasi penglihatannya. Dia menulis "Di Konfrensi kita di Topsham, Maine bulan November yang lalu, Ellen mendapatkan penglihatan mengenai karya tangan Tuhan. Dia dibawa ke palnet Yupiter, Saturnus dan sebuah planet lagi. A Word to the “Little Flock,” p. 22.
Kebenaran: Gambar satelit menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda kehidupan di Yupiter ataupun Saturnus.

PERINGATAN ALKITAB
18:20Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati.

18:21

Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? --

18:22

apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."



NUBUATAN WHITE BERTENTANGAN DENGAN ALKITAB

Bab ini menunjukkan pernyataan dari Ny. White dimana dapat kita lihat pertentangannya dengan Alkitab.Tahun 1905, dia menyatakan bahwa: 
1. "Ada satu mata rantai antara apa yang saya tulis dengan kebenaran tanpa ada satupun yang menyelewengSelected Messages, Bk 3, p. 52.
2. Alkitab harus dibaca sebagai mana adanya. Lebih baik jika mereka (pembaca Alkitab) tidak diberikan penjelasan Alkitab sama sekali daripada memberikan mereka Alkitab yang disalahtafsirkan"The Great Controversy, p. 521.
3. Tuhan tidak pernah bertentangan dengan DiriNya sendiri" Letter 329,1905. Letter to Elder Burden.

Namun dalam tulisannya dia melakukan beberapa kesalahan fatal:

1. Menara Babel didirikan sebelum Air Bah
Dalam tulisannya di  Spirit of Prophecy, Vol. 1, p. 266 tahun 1870: Tuhan menetapkan suatu sistem persembahan kurban dengan Adam setelah kejatuhannya, yang ditujukan untuk semua keturunannya. Sistem ini dirusak sebelum Air Bah oleh mereka yang memisahkan diri dengan para pengikut Tuhan yang setia dan terlibat dengan pembangunan Menara Babel". Spiritual Gifts, Vol.3, p. 301, 1864 edition.
Kata Alkitab: Jelas sekali bahwa peristiwa pendirian Menara Babel (Kejadian 11) terjadi sesudah Air Bah (Kejadian 6-9)

2. Tuhan mengirim Malaikat untuk bercakap dengan Kain
"Tuhan mengirimkan seorang malaikat untuk bercakap dengan Kain. Malaikat itu menanyakan kepada Kain mengenai alasan kemarahannya dan memberitahukannya jika saja dia berlaku baik dan mengikuti petunjuk Tuhan, maka Tuhan akan menerima persembahannya".  . . Spiritual Gifts, Vol. 3, pp.48-49.
Kata Alkitab Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?. Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya." (Kejadian 4:6-7). Jadi yang berkata demikian bukanlah Malaikat melainkan Tuhan sendiri.

3. Kita jangan pernah berkata kalau kita sudah diselamatkan
Dalam Christ’s Object Lessons, p. 155 (1900 edition), Ny. White menyatakan: Setiap orang yang menerima Yesus dan berkata dengan yakin, saya diselamatkan, berada dalam bahaya karena mempercayai diri mereka sendiri... Mereka yang menerima Juruselamat, bagaimanapun setelah pertobatannya, jangan pernah berpikiran untuk berkata atau merasa kalau mereka sudah diselamatkan.”Selected Messages,      Vol. 1, p. 314.
Dengan kata lain, bahwa Ellen G. White dan seluruh orang Advent tidak percaya akan kepastian keselamatan yang diberikan Yesus. (baca lebih lengkap disini)
Kata Alkitab: Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal. (1 Yoh 5:13). Kisah Rasul 16:31 berkata "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu." Anda juga bisa melihat dalam Yoh 6:37-47; Efesus 2:1-7; 1 Kor 1:4-9 dan Filipi 1:6.

4. Meterai Allah adalah Sabat
"Tanda atau meterai Allah dinyatakan dalam pemeliharaan Sabat Hari Ketujuh, yang merupakan peringatan akan Penciptaan." Testimonies for the Church, Vol. 8, p. 117
"Sabat yang merupakan hukum keempat adalah meterai dari Allah". The GreatControversy, p. 640.
“Meterai Allah diberikan kepada mereka yang menjaga Hari Sabat Tuhan"  ABible Commentary, p. 980.
Kata Alkitab:Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. (Efesus 1:13) Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita. (2 Korintus1:21-22) Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.(Efesus 4:30).

5. Perjanjian tidak diselesaikan di oleh Kematian Yesus
Sekarang, sementara Imam Besar kita membuat perjanjian untuk kita, kita harus berupaya untuk sempurna dalam Kristus". The Great Controversy, p. 623.
". . . bukannya datang ke bumi ketika berakhirnya perhitungan 2300 hari di tahun 1844 (Yesus pernah dinubuatkan oleh William Miller datang pada tahun itu), Kristus masuk ke Ruang Maha Kudus di Surga untuk menyelesaikan perjanjian (atonement).   The   GreatControversy, p. 422.
Kata AlkitabSebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya. (Ibrani 9:26, lebih baik baca dari ayat pertama) Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah (Ibrani  10:12).


NUBUATAN DAN TULISAN WHITE YANG TIDAK TERDAPAT DALAM ALKITAB

1. Setan memohon pengampunan di Sorga
"Berulang kali dia (setan) mengajukan permintaan maaf untuk pertobatan dan penebusannya"The Great Controversy,pp. 495-496.

2. Adam diberikan mahkota
"Adam  dimahkotai sebagai raja di Eden".  Seventh-dayAdventist Bible Commentary, Vol. 7a, p. 1082.

3. Ular yang menggoda Hawa memiliki sayap
"Penggoda itu adalah makhluk yang indah dengan sayap; dan ketika terbang melintasi udara, penmpilannya sangat bercahaya menyerupai warna emas mengilap. Dia tidak berjalan ditanah melainkan pergi dari satu tempat ke tempat lain melewati udara dan memakan buah seperti manusia." SpiritualGifts, Vol. 3, pp. 39-40.

4. Tuhan mengadakan sidang untuk menentukan apa yang harus diperbuat
Berita kejatuhan manusia menyebar di seluruh surga -- semua kecapi berhenti. Dan para malaikat melemparkan mahkota mereka dengan penuh kesedihan. . . . Sebuah sidang diadakan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan terhadap pasangan yang bersalah ini" Spiritual Gifts,Vol. 3, p. 44.

5. Malaikat berani mati bagi manusia
Seorang malaikat, kata Ny. White, begitu tertarik kepada keselamatan manusia sehingga bisa ditemukan diantara mereka yang mau untuk menyerahkan kemuliaan mereka dan memberikan nyawa mereka bagi manusia terhukum"EarlyWritings, p. 127.

6. Persembahan Habel dilahap oleh sinar dari Sorga
"Sebuah kilatan cahaya dari Surga menghabiskan persembahan Habel". Spiritual Gifts, Vol. 3, p. 48.

7. Malaikat masih berkomunikasi dengan Adam setelah kejatuhannya
"Malaikat masih berkomunikasi dengan Adam setelah kejatuhannya dan memberikan informasi mengenai rencana keselamatan ...". SpiritualGifts, Vol. 3, p. 52.

8. Adam memelihara Sabat
"Sabat diberikan sebelum kejatuhan. Karena Adam dan Hawa tidak mematuhi perintah Tuhan dan memakan buah terlarang, mereka diusir dari Eden namun mereka tetap memeliharan Sabat setelah kejatuhan tersebut." SpiritualGifts, Vol. 3, p. 52.
9. Tuhan memindahkan Eden dan akan mengembalikannya lagi ke bumi
Taman Eden yang sejati, ... dan dengan perlindungannya yang sempurna mengambilnya dari bumi dan akan mengembalikannya lagi. Spiritual Gifts,Vol. 3, p. 55.

PERINGATAN ALKITAB
"Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini." (Wahyu 22:18-19)

50 komentar:

  1. Salam kenal Garry, thanks buat artikel di atas. So pasti ada yang setuju dan nggak setuju ketika kebenaran diungkapkan. Keep blogging, God Bless You

    BalasHapus
  2. Oh iya, mengenai copy paste, sebenarnya saya juga punya data tentang tulisan Ellen G. White yang meng-copy paste tulisan orang lain... Kalau begitu bagaimana???

    Ayolah kawan, kita disini bukan mau cari keributan, tapi mau belajar... Sama seperti Advent mengkritik gereja lain dalam tulisannya... Mengapa Anda tidak mau berpikiran terbuka??

    BalasHapus
  3. Kristen Sejati13 Maret 2011 19.00

    Lagipula Advent kan ga mau disebut Kristen deh kl ga salah... Makanya mereka pakai nama "gereja MASEHI Advent"... Harusnya kita bilang ke Menteri Agam supaya advent buat agama sendiri...

    Btw, kl advent percaya nubuatan, kenapa mereka ga percaya sama nubuatan yang ada sekarang ya? Kenapa harus pilih2 ya??? Aneh juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena mereka advent merasa yang paling benar dan diluar advent sesat. Sering mengeritik tapi tidak terima dikritik. Mau menang dan merasa benar sendiri. Advent paling sering merebut umat kristen yg lain utk maduk advent.

      Hapus
    2. mana ada seperti itu.. kalo advent gk mau disebut kristen berarti dia gk mengakui kristus dong? jadi dia pengikut siapa?
      emang nubuatan sekarang itu apa ya? sy mau tau dong..

      Hapus
  4. Saya setuju dengan bung Gery. Kl orang Advent merasa diserang, tolong kasih penjelasannya donk jangan cuma bisa marah2.

    Lagipula saya juga pernah ikut KKR advent terus dengan jelas kalau mereka bilang kalau katolik itu anti-kris, kenapa mereka sekarang marah kl dikritik??? ADVENT MAUNYA MENANG SENDIRI. Kl kita orang katolik mah sudah biasa dikritik sejak zamannya Luther (seperti alirannya mas Gery, hehehehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Bro. Mereka sering menjelek2kan Katholik tapi mereka percaya Trinitas ajaran Katholik. Padahal di awal2 semasa ellen white tidak mengakui ajaran Trinitas. Krn takut dibilang bukan Kristen barulah mereka mengakuinya.

      Hapus
  5. @Manzap & Kristen Sejati: Terima kasih, tapi saya tidak mencari permusuhan lho disini. Hanya saja benar yang "Manzap" katakan bahwa mengapa mereka bisa mengkritik, tapi tidak siap dikritik. Secara keseluruhan masalah hari sabat dan lainnya saya sih tidak jadi masalah selama acuannya adalah ALKITAB. Tapi ada banyak doktrin yang acuannya bukan lagi Alkitab, seperti minum kopi dan teh dan lainnya.

    Jemaat Advent: Kita masih bersahabat koq. Memang hal seperti ini biasa ada dalam berargumen. Dan saya MENGANGGAP BAHWA ADVENT ADALAH BAGIAN KELUARGA KRISTEN.

    BalasHapus
  6. Saya orang Katolik dan suatu kali diajak KKR oleh teman saya di gereja Advent, lalu disitu dikhotbahkan tentang Anti-Kris kemudian dikatakan bahwa Paus adalah Anti-Kris... ADVENT ADALAH AJARAN YANG MENYEBARKAN KEBENCIAN TERHADAP KATOLIK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan pendapat anda bahwa advent sering kali di dalam berkotbah selalu menyebarkan kebencian baik terhadap Katolik maupun Gereja Minggu.

      Hapus
  7. Seventh Day Adventist Church (Gereja Advent Hari Ketujuh) adalah terjemahan yg benar = Sekarang mereka menggunakan Gereja MASEHI ANDVENT HARI KETUJUH (GMAHK) ----

    BalasHapus
  8. Saya suka dengan tulisan-tulisan Ellen G. White, tapi tidak berarti saya mempercayainya seperti Alkitab. Nubuatan dalam tulisan2 Ellen G. White walaupun bgtu menggugah hati, tidah mudah dipahami..tapi menurut sya itu tidak terlalu penting. Yang terpenting itu adalah terang yang dibawa Ellen G white, khususnya masalah kesehatan dan pertarakan. Info bt 'theologi', bahwa minum teh atw kopi tuh bukan masuk dalam daftar makanan yang dilarang (spt yg ada di Im 11), tapi merupakan anjuran standar kesehatan dalam GMHK..cuma motor dari anjuran tsb adlh Alkitab jg, yg mganjurkan qta menjaga rumah Allah yg sejati, yaitu tubuh qta bro..dan itu jg merupkn ibadah yg sejati. Sy pikir prbedaan itu wajar, kritikan itu pun harus ada, shg ada diskusi yg sehat.. Tp persatuan sebagai org yg percaya tetap harus dprtahankan.. Gbu bro n' sizta'

    BalasHapus
  9. Saya pikir opsi nabi Tuhan atau Nabi Setan terlalu ekstrim y.. Catatan: standar kesehatan orang Advent, jauh diatas rata-rata dunia loh.. Pengikut advent yg konservatif malah kbanyakn vegetarian, di saat org Kristen kbanyakan larut dalam lahap melahap semua yg berkaki ( shingga menimbulkan banyak penyakit).. Bukan kah ibadah yg sejati itu adalah mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan kepada Kristus?? Masa org yg megajarkan hal-hal seperti itu di masukkan dalam opsi Nabi Setan?? Tp gpp deh, namanya jg pndapat.. ^_^ v pisss bro, Jesus Lv u n me.

    BalasHapus
  10. To Anonim:
    1. Saya sama sekali tidak mengkritik masalah makanan kok. Yang saya kritik itu masalah nubuatannya yang seringkali salah (tidak tergenapi) dan bertentangan dengan kebenaran Alkitab seperti contoh yang sudah saya paparkan.

    2.Kl masalah pertarakkan dan kesehatan, lebih baik baca tulisan Syai Baba atau guru dari India karena lebih baik tulisannya megnenai dua hal tersebut.

    3. Kl motor anjuran tersebut dari Alkitab, saya mau tanya kenapa teh dilarang. Hasil penelitian tetap berkata bahwa teh itu sehat, sebutkan penelitian yang berkata bahwa teh itu tidak sehat.

    BalasHapus
  11. Minum teh tidak terlalu baik untuk anak-anak, dikarenakan setelah minum teh anak-anak akan mudah terangsang semangatnya, nafsu makan menurun, selaput lendir saluran pencernaan menyusut sehingga mempengaruhi pencernaan makanan dan penyerapannya.
    Selain manfaat-manfaat diatas, masih banyak manfata lainnya.
    ?Penulis adalah Asdos Biologi Umum Jurusan Biologi angkatan 2005 UM (Indah panca=>Teh:Obat atau Racun)

    BalasHapus
  12. @Anonim:
    Dengan alasan itu, Gereja Advent MENGHARAMKAN teh??? Bagaimana dengan Coke dan minuman soda?? Bukankah itu lebih berbahaya dari TEH. Mengapa sampai saat ini belum diharamkan???

    Ingat, setiap makanan pasti ada efek buruknya. Jangankan teh, nasi saja memiliki efek yang buruk seperti kadar gula yang tinggi. Pertanyaannya mengapa NASI tidak diharamkan?

    BalasHapus
  13. Ada tulisan dari lulusan UNAI, yang intinya:
    1. Penganut hari minggu adalah Anti-Kris
    2. Ellen G. White tidak pernah menganggap dirinya Nabi
    3. Teh itu boleh selama untuk menyehatkan...

    Jawaban saya:
    1. Menurut saya Anti-Kris bukan dihitung dari Sabat atau tidak. Bagaimana mungkin Anda berkata bahwa Ellen G. White lebih benar dari orang yg beribadah di hari minggu, sedangkan dia sendiri NABI PALSU yang banyak mengeluarkan nubuatan PALSU (karena nubuatannya tidak terjadi). Selain itu, tidak ada jawaban dari orang Advent mengenai tulisannya dan nubuatannya tidak terjadi, karena seluruh orang Advent hanya bersembunyi di balik kebenaran Sabat.
    2. Kalau White tidak pernah menyebut dirinya Nabi. Coba Anda perhatikan akta baptisan Advent Anda dimana orang Advent harus percaya Nubuatan, termasuk nubuatan White.
    3. Pertanyaan saya, kenapa Coca-cola dan Pepsi tidak diharamkan?

    Tolong orang Advent jangan kebakaran jenggot dalam menjawab pertanyaan ini, tapi jawablah dengan logis.

    TIPIKAL ORANG ADVENT: Selalu emosi ketika diserang, padahal merekalah yang paling rajin menuduh gereja lain sebagai Anti-Kris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Bro. Saya sudah keluar dari advent.

      Hapus
    2. sebenarnya orang Advent sama sekali tidak di ijinkan sama sekali untuk meminum Coca cola. kalo ada orang Advent yang masih minum berarti itu Advent KTP.

      Hapus
    3. Saya mau menjawab pertanyaan ketiga dari saudara Gerry ..memang tidak disebut di tulisan ellen white tentang coca cola dan pepsi..karena pada zaman beliau tidak ada minuman tersebut...tapi ada disebutkan juga alcohol karena memang sudah ada pada saat itu...sekarang saya mau tanya sama saudara Gerry..apa salah tidak meminum teh dan kopi?..mana yang lebih sehat..orang yang meminum teh dan kopi dengan orang yang tidak meminumnya sama sekali?...maksud ellen white..minuman apa saja yang tidak baik buat tubuh jangan lah di minum...termasuk coca cola dan pepsi bila tidak baik...semoga ini sangatlah logik buat saudara Gerry...Tuhan memberkati

      Hapus
    4. Dear Bapak/ Ibu anonim,
      Jawaban Anda sangat logis dan terima kasih.

      Sekali lagi, saya senang sekali mendapat jawaban seperti ini, saya berharap rekan2 lain bisa menjawab secara logis.

      Hapus
  14. aku juga banyak baca buku orang advent,semuanya penuh dengan kebencian terhadap katholik.bravo gary Yesus memberkatimu,

    BalasHapus
  15. Saya bingung nih, kenapa setiap hal yg berhubungan dgn Advent selalu merujuk ke hari sabat yg diklaim merupakan hari sabtu. Sebenernya Pkoko Pengejaran Kekristenan itu tentang karya Keselematan oleh Yesus Kristus ataukah tentang hari sabat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesus adalah TUHAN atas hari Sabat

      Hapus
  16. Saya setuju dengan temuan Mr Gerry Tengker tentang status Nabiah EGW dan tulisan-tulisannya....Maaf ya...utk para fanatikus Ellen White... mestinya ditinjau ulang "keyakinan" anda anda. Karena menurut pengamatan saya, tulisan dan ajaran EGW sedang menggiring para penganut the Seventhday Adventists menjauhi Yesus (aslinya Yeshua) sebagai Firman yang menjadi Manusia.
    Untuk saya pribadi dan keluarga saya, kami lebih mempercayai Yeshua ketimbang EGW. Ajaran Yeshua dan Bapa-Nya tidak pernah berubah (Mat 5:17-18). EGW gegabah merubahnya Imamat 11), dan menggantinya dengan ajaran Vegetarian, yg dia adopsi dari ajaran yg tidak bersumber dari Alkitab.

    BalasHapus
  17. Untuk para pengikut Advent, tolong ga usah merasa bahwa ini adalah blog perdebatan, karena menghina kalian. Dan kalau kalian menganggap bahwa blog ini memancing perdebatan, tolong berkacalah!!!
    1. Bukankah KALIAN yang menerbitkan buku yang menganggap kami pengikut hari minggu sebagai Anti-Kris??
    2. Bukankah KALIAN yang selalu berkata bahwa hari minggu adalah hari penyembahan berhala??
    3. Kalau kalian berkata bahwa ini adalah blog yang memicu perdebatan dengan memberikan kalimat yang sok bijaksana, lebih baik kalian menuliskannya ke gereja kalian sendiri.

    Ada banyak tulisan kalian yang menyerang kami (non-Advent) tapi kami biasa saja. Kenapa pas blog ini ditulis kok kalian pada emosi begini??

    Blog ini tidak membahas hari sabat, karena saya percaya apa yang kalian jalankan benar, tapi kami percaya apa yang kami jalankan juga punya dasar ayat Alkitab, jadi ga usah didebat. Dan memang tulisan blog ini ga membahas tentang HARI SABAT tapi membahas KESALAHAN DALAM NUBUATAN... Jadi ga usah emosi dan tolong jangan keluar jalur.
    Kalau kalian mau bahas, tolong debatlah tulisan saya...

    Hehehe, jangan marah yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah supaya tidak diserang. Tolong titip pesan ke teman advent supaya jangan terlalu rajin menyebut kami antikris.

      Hapus
  18. Terima kasih untuk masukkannya, Bro Garry... Memang benar, konteks utk berdebat dlm blog ini adlh silahkan beri data2 yg akurat utk menyanggah tulisan anda yg mengatakan nubuatan EGW itu sesat karena tidak terbukti. Tapi sampai tulisan saya ini saya tulis, belum ada satu argumen yg akurat secara alkitab utk membenarkan tulisan EGW. Tapi malah beberapa orang Advent yg terpancing utk berdebat kusir mempermasalahkan hal yg tidak ada hubungannya dengan tulisan ini. Malahan tulisan mereka tsb membuat kesan saya, bahwa apa yg mereka (orang Advent) lakukan akhirnya tidak berdasarkan kasih seperti ajaran YESUS dan yg diuraikan lebih terperinci oleh Rasul Paulus. Tetapi mereka akhirnya kembali menjadi seperti ahli-ahli taurat dan orang2 Farisi yg melakukan kegiatan agama untuk terlihat benar dimata manusia, tapi tidak berdasarkan kasih. Mengapa demikian? Ini alasannya :
    1. Mereka masih memperdebatkan soal hari ibadah. Padahal dlm alkitab tertulis bukankah Anak Manusia itu adalah TUHAN atas hari Sabat, silahkan baca Matius 12:7-8 “Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Ku-kehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah. Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat." Artinya : Yang TUHAN mau hati kita yg penuh kasih kepada-NYA dan kepada sesama manusia, sebab kita hidup dlm MASA ANUGERAH, apapun yg kita lakukan harus berdasarkan dorongan kasih. Ketika kita mengasihi TUHAN dgn segenap hati/pikiran/tubuh/jiwa/roh kita, itulah yg berkenan pada-NYA. Bukan karena Sabat-NYA, bukan karena persembahan kita, bukan karena kebaikan kita, tetapi karena pribadi-NYA sebab YESUS adalah hari Sabat itu sendiri. Jadi, bgm perwujudannya? Tiap hari kita harus lakukan penyembahan/doa/pujian/baca firman secara pribadi kepada-NYA dan MELAKUKAN KASIH itu. Jadi, sudahkah saudara2 melakukan kasih itu? Dari debat kusir diatas saya ragu, karena KASIH TIDAK MENGHAKIMI. Bgm kamu dapat melihat selumbar di mata saudaramu sedangkan balok dimatamu tidak kau lihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. advent hanya mengetahui sabat dan makanan haram tapi tidak ada kasih di dalam hatinya. Selalu menghina Kristen yang beribadah pada hari minggu maupun Katholik.

      Hapus
  19. Terima kasih untuk masukkannya, Bro Garry... Memang benar, konteks utk berdebat dlm blog ini adlh silahkan beri data2 yg akurat utk menyanggah tulisan anda yg mengatakan nubuatan EGW itu sesat karena tidak terbukti. Tapi sampai tulisan saya ini saya tulis, belum ada satu argumen yg akurat secara alkitab utk membenarkan tulisan EGW. Tapi malah beberapa orang Advent yg terpancing utk berdebat kusir mempermasalahkan hal yg tidak ada hubungannya dengan tulisan ini. Malahan tulisan mereka tsb membuat kesan saya, bahwa apa yg mereka (orang Advent) lakukan akhirnya tidak berdasarkan kasih seperti ajaran YESUS dan yg diuraikan lebih terperinci oleh Rasul Paulus. Tetapi mereka akhirnya kembali menjadi seperti ahli-ahli taurat dan orang2 Farisi yg melakukan kegiatan agama untuk terlihat benar dimata manusia, tapi tidak berdasarkan kasih. Mengapa demikian? Ini alasannya :
    1. Mereka masih memperdebatkan soal hari ibadah. Padahal dlm alkitab tertulis bukankah Anak Manusia itu adalah TUHAN atas hari Sabat, silahkan baca Matius 12:7-8 “Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Ku-kehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah. Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat." Artinya : Yang TUHAN mau hati kita yg penuh kasih kepada-NYA dan kepada sesama manusia, sebab kita hidup dlm MASA ANUGERAH, apapun yg kita lakukan harus berdasarkan dorongan kasih. Ketika kita mengasihi TUHAN dgn segenap hati/pikiran/tubuh/jiwa/roh kita, itulah yg berkenan pada-NYA. Bukan karena Sabat-NYA, bukan karena persembahan kita, bukan karena kebaikan kita, tetapi karena pribadi-NYA sebab YESUS adalah hari Sabat itu sendiri. Jadi, bgm perwujudannya? Tiap hari kita harus lakukan penyembahan/doa/pujian/baca firman secara pribadi kepada-NYA dan MELAKUKAN KASIH itu. Jadi, sudahkah saudara2 melakukan kasih itu? Dari debat kusir diatas saya ragu, karena KASIH TIDAK MENGHAKIMI. Bgm kamu dapat melihat selumbar di mata saudaramu sedangkan balok dimatamu tidak kau lihat?

    BalasHapus
  20. 2. Beribadah di hari Minggu pun bukan nanti setelah Katolik didirikan baru diadakan ibadah hari Minggu. Silahkan baca dalam kitab Kisah Para rasul 20:7 “Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.” Tiap-tiap hari (bukan hanya hari Sabat saja) orang percaya datang berkumpul utk bersekutu dan memecah2kan roti utk mengingat Kristus(Baca juga Kisah Para Rasul 2:46-47). Jadi, dalam alkitab telah tertulis beribadah kapan saja TUHAN berkenan karena TUHAN adalah Sabat itu sendiri, dan rasul-rasul TUHAN melakukan itu semua. Bila tidak, tentu Rasul2 yg adalah murid2 TUHAN akan mengadakan pertemuan utk mengeluarkan keputusan berdasarkan tuntunan ROH KUDUS apakah hal itu diperbolehkan atau tidak, seperti ketika mereka mengeluarkan keputusan mengenai mana makanan yg haram dan mana yg diperbolehkan seperti yg tertulis dlm Kisah Para Rasul 21:25 “Tetapi mengenai bangsa-bangsa lain, yang telah menjadi percaya, sudah kami tuliskan keputusan-keputusan kami, yaitu mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan."
    3. Mengenai orang vegetarian, mengapa orang Advent begitu bangga soal vegetarian sedangkan YESUS tidak pernah mengajar kita untuk menjadi seorang vegetarian. Vegetarian adalah ajaran dari Hindu (India). Memang pada masa Adam dan Hawa, manusia adalah vegetarian pemakan buah (bukan sayur) dan sayuran/daun-daunan adalah makanan utk semua hewan. Tetapi sejak manusia jatuh ke dalam dosa, bukan tanpa alasan ALLAH menyembelih & menguliti domba & memakaikan pakaian kulit domba kepada manusia. Bukankah pada masa Israel utk melakukan pendamaian dosa manusia, mereka mempersembahkan darah domba dan imam2 memakan dagingnya? Bukankah pada perayaan pesta2 Yahudi mereka juga menyediakan daging? Bukankah setiap kali bertemu dengan murid2-NYA bahkan ketika Ia menampakkan diri-NYA pada Petrus di tepi danau Galilea yang YESUS lakukan adalah membakar ikan dan memakannya? Jadi, mengapa tiba2 sekarang menganjurkan manusia utk menjadi vegetarian? Baca Roma 14:1-3 “Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya. Yang seorang yakin, bahwa ia boleh makan segala jenis makanan, tetapi orang yang lemah imannya hanya makan sayur-sayuran saja. Siapa yang makan, janganlah menghina orang yang tidak makan, dan siapa yang tidak makan, janganlah menghakimi orang yang makan, sebab Allah telah menerima orang itu.”

    BalasHapus
  21. 4. Bagaimana dengan babi? Halal atau haram? Babi halal jika tidak dipersembahkan kepada berhala, tidak makan darahnya, tidak mati dicekik dan bukan dari percabulan. Karena kita adalah bangsa2 lain yg menerima perkenanan/anugerah BAPA untuk menerima keselamatan dalam YESUS akibat penolakan sisa2 Israel karena kedegilan hati orang Israel. Sehingga para pemakan babi ini memperoleh anugerah utk dilayakkan dan ALLAH tidak pernah mempermasalahkan makanan kita (baca kisah Kornelius yg dibaptis Petrus dlm Kisah Para Rasul 10), tapi IA minta hati nurani yg murni dari kita. Di kampung saya, nenek dari ibu saya tercatat sbg orang yg memiliki umur terpanjang (98 tahun) bahkan melebihi usia mereka yg menganut vegetarian dikampung saya. Anaknya ada yg mencapai usia 95 tahun (masih hidup sampai sekarang), ponakannya mencapai usia 96 tahun, dan mereka semua bukan vegetarian dan makan babi pula. Jadi, sebenarnya apakah resep umur panjang menurut alkitab?
    a. Baca Amsal 17:22 “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”
    b. 1 Tesalonika 5:18 “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”
    c. Perhatikanlah setiap kali hendak membagikan makanan atau minuman kepada murid2-NYA dan orang2 banyak, TUHAN YESUS selalu mendahului dengan ucapan syukur (baca : Matius 15:36, Matius 26:27, Lukas 22:17-19, Yohanes 6:23, dan masih byk lagi).
    Jadi rahasia umur panjang bukan soal rahasia makanan, tetapi rahasia hati itulah resep umur panjang, dan tentu saja karena TUHAN yg menganugerahkannya menikmati umur panjang.
    5. Terakhir, renungkanlah Surat Rasul Paulus dalam Roma 14:6 “Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan, ia melakukannya untuk Tuhan, sebab ia mengucap syukur kepada Allah. Dan siapa tidak makan, ia melakukannya untuk Tuhan, dan ia juga mengucap syukur kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri. Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.”
    Dan ayat 17 : “Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak.
      Bukan krn tulisan Anda mendukung saya loh, tp krn sudah memberikan contoh cara berkomentar yg cerdas menggunakan data dan dasar.
      Sekali lg trima kasih

      Hapus
  22. Terima kasih kembali Bro Garry. Sebenarnya awal mula saya menemukan blog anda dimulai ketika seorang teman menelpon saya dan menceritakan bahwa ia dipinjami buku karya EGW. Sementara membaca buku itu dia sepertinya ketakutan karena isi nubuatan2 yg ditulis dlm buku EGW tsb. Sbg info, teman saya ini tertarik pada hal2 yang berhubungan dengan akhir zaman atau kedatangan TUHAN YESUS yang kedua kalinya. Sehingga info apa saja ttg kedatangan YESUS kedua kalinya pasti dia pelajari dan kami sering membahas bersama utk mencari tahu apakah sumber ini benar atau tidak. Tetapi pada saat dia membahas intisari dari buku tsb, ada hal yg janggal dalam pemikiran saya. Karena itu saya menyuruhnya berhenti dulu dari membaca buku tsb dan menanyakan siapa yg meminjamkan buku tsb kepadanya? Dia berkata buku itu diberikan oleh saudaranya seorg Advent.
    Selesai menelpon, saya langsung buka internet dan google ttg Ellen G White, dan kebetulan urutan teratas dari hasil searching google adalah blog Bro Garry ini. Sebenarnya saya tidak berniat utk memberi komentar karena tujuan saya hanyalah mencari data ttg siapakah EGW ini. Tetapi debat kusir komentator2 di blog ini memberi dorongan pada saya utk berkomentar juga. Semoga komentar saya tidak melukai hati orang2 yg membaca, saya hanya memberi masukan saja. Salam damai.

    BalasHapus
  23. Terima kasih kembali Bro Garry. Sebenarnya awal mula saya menemukan blog anda dimulai ketika seorang teman menelpon saya dan menceritakan bahwa ia dipinjami buku karya EGW. Sementara membaca buku itu dia sepertinya ketakutan karena isi nubuatan2 yg ditulis dlm buku EGW tsb. Sbg info, teman saya ini tertarik pada hal2 yang berhubungan dengan akhir zaman atau kedatangan TUHAN YESUS yang kedua kalinya. Sehingga info apa saja ttg kedatangan YESUS kedua kalinya pasti dia pelajari dan kami sering membahas bersama utk mencari tahu apakah sumber ini benar atau tidak. Tetapi pada saat dia membahas intisari dari buku tsb, ada hal yg janggal dalam pemikiran saya. Karena itu saya menyuruhnya berhenti dulu dari membaca buku tsb dan menanyakan siapa yg meminjamkan buku tsb kepadanya? Dia berkata buku itu diberikan oleh saudaranya seorg Advent.
    Selesai menelpon, saya langsung buka internet dan google ttg Ellen G White, dan kebetulan urutan teratas dari hasil searching google adalah blog Bro Garry ini. Sebenarnya saya tidak berniat utk memberi komentar karena tujuan saya hanyalah mencari data ttg siapakah EGW ini. Tetapi debat kusir komentator2 di blog ini memberi dorongan pada saya utk berkomentar juga. Semoga komentar saya tidak melukai hati orang2 yg membaca, saya hanya memberi masukan saja. Salam damai.

    BalasHapus
  24. God bless all of you, i just can pray for you all of us. i hope that God open your mind, touch your heart. the salvation is Grace from God trough Jesus not about church, because our worship is our live.

    BalasHapus
  25. God bless all of you, i just can pray for you all of us. i hope that God open your mind, touch your heart. the salvation is Grace from God trough Jesus not about church, because our worship is our live.

    BalasHapus
  26. God bless all of you, i just can pray for you all of us. i hope that God open your mind, touch your heart. the salvation is Grace from God trough Jesus not about church, because our worship is our live.

    BalasHapus
  27. jadi, setelah sekian banyak komentar ini, mana yg paling benar? kenapa hanya mengupas masalah orang advent aja? sebenarnya kebenaran itu kan dari Alkitab, jadi biarkan mereka percaya dan melakukan apa yang menurutnya benar, kita lakukan apa yang menurut kita benar. toh juga semuanya berpusat kepada Yesus juga. Godbless

    BalasHapus
  28. Tuhan sudah memberikan kita hikmat untuk dapat membedakan dan memilih antara yg bemar dan yg salah. Sekarang tergantung kita mau pilih yg mana, karna keselamatan adalah milik pribadi bukan kelompok. Kita tidak punya hak untuk menghakimi, karna hakim yg sebenarnya adalah Allah (matius 7:1) Tuhan Yesus memberkati, Happy Sabbath :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji Tuhan, saya setuju.
      Itu artinya Gereja Advent juga tidak berhak untuk menghakimi gereja lain. Karena selama ini, gereja Adventlah yang paling sering menghakimi gereja lain baik dalam KKRnya ataupun dalam buku-buku tulisan (di Indonesia buku itu diterbitkan oleh IPH-Indonesia Publishing House).
      Saya setuju, mari kita berdamai sesama penyembah Yesus.

      Hapus
  29. Saran saya, bertemu saja semua orang yg ada disini. Sama2 belajar, bertanya menjawab, berikan pendapat. Dan pulang kerumah dan berdoa biar Tuhan yang bekerja di hati masing2...

    BalasHapus
  30. Dear All,

    Lebih baik yg ada disini bertemu bersama2, blajar, bertanya menjawab, ungkapkan apa yg ingin diketahui dan apa yg diketahui. Dan pulang kerumah berdoa biar Tuhan yg bekerja di hati masing2.

    Thanks.

    BalasHapus
  31. jawaban2 yang hanya pakai akal saja...

    BalasHapus
  32. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri... Membalas kejahatan bukanlah seorang yang punya kasih.. biarlah kejahatan orang lain dihakimi oleh Tuhan... karena ketika kita menghakimi kita tidak ada bedanya dengan mereka. Mempelajari Alkitab bukan hanya seperti baca komik. Baca Alkitab tanpa iman itu sia2...Karena iman di sertai perbuatan. Apa yang kita dipelajari dalam Alkitab tapi tidak mau melakukan itu sama dengan gong. Apakah keselamatan Anda tergantung pada gereja Anda? Semoga Tuhan Memberkati kita semua.

    BalasHapus
  33. Saya advent tapi tidak sepenuhnya percaya dengan Ellen G.W, saya hanya mempercayai apa yang alkitab katakan dan cara hidup seperti teladan yesus...

    BalasHapus
  34. Beberapa alasan Ny. White sebagai nabi yang mempunyai karunia nubuatan yang benar :
    1. Alkitab menulis tentang ciri nabi yang benar (Yes 8:20). Maka ajaran dan nasihat Ellen G. White adalah selaras dengan firman Allah.
    2. Allah berjanji melalui firman nya untuk menarok roh nubuat dalam gereja nya yang menaati hukum Allah dan memiliki iman kepada Yesus. (Why 12:17, 19:10).
    3. Nubuatan-nubuatan tentang peristiwa masa depan yang di ucapkan nya di genapi.
    4. Walaupun hanya berpendidikan rendah, Dia telah menulis banyak buku-buku ilmiah yang sebelumnya secara teknis tidak pernah di pelajari, dan banyak pandangan serta pemikiran yang terdapat dalam bukunya tidak di ketahui kaum terpelajar pada zaman-nya, namun pada zaman modern ini telah banyak diterima sebagai fakta-fakta ilmiyah.
    5. kehidupan-nya menunjukan buah-buah kehidupan seorang nabi (Mat 7:20).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Junaidi Sembiring. Alasan Anda sangat baik. Lalu bagaimana dengan nubuatan yang tidak tergenapi dan juga tulisan yang bertentangan dengan fakta Alkitab?

      Apakah Anda berani menyebut orang seperti itu adalah Nabi Tuhan?
      Apakah Anda sudah baca daftar nubuatan palsunya di atas? Apa jawaban dan penjelasan Anda tentang nubuatan palsu itu?

      Saya ga mau debat tentang apakah White itu nabi palsu atau bukan, saya hanya butuh penjelasan. Seandainya penjelasannya baik, maka saya tidak akan RAGU MENYEBUT WHITE SEBAGAI NABI TUHAN.

      Hanya sesederhana itu saja kok.

      Hapus