Senin, 06 Desember 2010

Daftar Sekolah Teologi (STT) Terbaik di Indonesia

Berikut adalah daftar dari Sekolah Tinggi Teologi (STT) terbaik yang ada di Indonesia yang saya rangkum.
Ini bukanlah versi resmi dari Dinas Kependidikan atau darimanapun, seandainya ditanya ini versi siapa, ini adalah versi "pastorgarrytengker.blogspot.com", artinya tentu saja bahwa daftar ini tidak bisa dijadikan saduran resmi.
Adapun penilaian yang saya berikan didasari beberapa hal:
1. Eksistensi Sekolah.
Artinya, sekolah itu keberadaannya diakui oleh Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan. Biasanya hal ini dibuktikan dengan adanya penyelenggaraan Ujian Negara yang diadakan oleh sekolah tersebut.
2. Lulusan.
Lulusan yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi, baik dalam dunia keKristenan ataupun dalam kehidupan bersosial dan bernegara.

Adapun yang menjadi bahan pertimbangan lainnya adalah karena sekolah tersebut sudah dikenal secara luas dalam pendidikan Theologia. Dan daftar ini dibuat tanpa sama sekali tidak berdasarkan denominasi ataupun doktrin yang diajarkan.
Menurut data yang saya dapatkan, ada banyak sekali sekolah theologi yang menjamur di Indonesia. Di Jakarta saja, ada sekitar 42 Sekolah. Dan inilah daftar Sekolah Teologia Terbaik di Indonesia. Sekali lagi, daftar ini dibuat bukan berdasarkan peringkat, dan jika anda memiliki beberapa masukkan, silahkan kirimkan dan dilengkapi dengan data STT tersebut.

1. Sekolah Tinggi Teologia Jakarta (STT Jakarta)
Aliran: Protestan
Lokasi: Jl. Proklamasi, Jakarta
Lulusan: J.L. Ch. Abineno, Jan Sihar Aritonang, A.A. Yewangoe (Ketua PGI), Nathan Setiabudi (Ex-Ketua PGI), Eka Dharmaputra, Karel Sosipater.
STT ini didukung oleh banyak sekali gereja khususnya gereja beraliran Protestan dan juga sebagian besar anggota PGI.
Sekolah Tinggi Teologi (STT) Jakarta adalah perguruan tinggi teologi yang tertua di Indonesia. Sekolah ini didirikan  pada tanggal 9 Agustus 1934 di Bogor dengan nama Hoogere Theologische School (HTS). Prof. Dr. Th. Mülller-Krüger, pejabat rektor STT Jakarta (rektor pertama adalah Dr. J.R. Sloetemaker de Bruine).
Ada banyak lulusan STT Jakarta yang saat ini dikenal oleh jemaat Kristen di Indonesia, khususnya dalam hal penulisan buku, dosen dan bidang pengajaran lainnya.

2. Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT)/South East Asia Bible Seminary
Aliran: Protestan/Reformed
Lokasi: Jl. Arief Margono, Malang
Lulusan: Stephen Tong, Daniel Lucas Lukito, Herlianto
Diawal tahun 1952, Dr. Gih, seorang missionaris dari Tiongkok, mengunjungi Indonesia untuk kedua kalinya setelah kunjungan pertama yang dilakukan dalam rangka penginjilan, sekaligus mempersiapkan pekerjaan untuk memulai Sekolah Teologi, dan telah memilih Bandung sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan. Tidak lama kemudian, Dr. Gih membeli sebuah rumah tinggal di jalan Pasundan 54 sebagai tempat untuk Pendidikan Teologi, yang pada saat itu dinamai Sekolah Teologia Madrasah Alkitab Asia Tenggara (MAAT).
Di samping Dr. Gih merintis Sekolah Teologia, ia juga merintis sebuah gereja, yaitu Gereja Kristen Kalam Kudus bersama beberapa orang Kristen Hakka di Jakarta.
Dua tahun kemudian, yakni pada 1954 Sekolah Teologia dipindahkan ke Malang, Jawa Timur, dan diganti namanya menjadi Seminari Alkitab Asia Tenggara.
Sekolah Teologia ini banyak sekali menghasilkan Teolog beraliran Reformed garis keras. Mereka memperkuat pengajaran mereka khususnya dalam bidang Sistematika (Doktrin).

3. Institut Teologia dan Keguruan Indonesia (ITKI)
Aliran: Kharismatik/Pentakosta
Lokasi: Petamburan, Jakarta
Lulusan: Gilbert Lumoindong, Erastus Sabdono, K. Heruyono.

Institut Theologia dan Keguruan Indonesia (ITKI) yang juga lebih dikenal dengan sebutan Seminary Bethel ini merupakan Lembaga Pendidikan Nasional Theologia (National Bible Training College of Bethel Church) dari Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI). Jadi mayoritas alumninya ditempatkan ke dalam Sinode GBI sendiri, walaupun ada beberapa juga yang bukan dari GBI.
Sekolah ini seolah menghapus pandangan umum tentang orang-orang Kharismatik yang dianggap tidak berpendidikan. Bukan hanya berbicara mengenai praktik, tapi sekolah ini juga berani membela doktrin Kharismatik yang sesuai Alkitab. Saat ini, ITKI dapat dibilang sebagai Sekolah Teologia beraliran Karismatik terbaik di Asia Tenggara bahkan mungkin di Asia.

4. Institut Injili Indonesia (I-3 Batu Malang)
Aliran: Injili
Lokasi: Batu Malang
Lulusan: Sudarmadji Said, James Baware
Sekolah ini lahir dari pergumulan orang-orang beraliran Injili yang dimulai dengan gerakan Penginjilan besar-besaran yang dilakukan oleh salah satu tokoh Injili paling terkemuka di Indonesia, Petrus Octavianus. Memang lulusan yang dilahirkan oleh gereja ini biasanya akan membuka suatu pos di daerah terpencil ataupun daerah yang memang belum atau sedikit dijamah oleh gereja lain. Hal ini yang menyebabkan lulusan dari tempat ini tidak sepopuler lulusan dari STT lainnya.
Bertempat di Batu (Malang) yang juga merupakan "sarang" dari beberapa gereja dan STT besar, I-3 bersama Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) mempelopori persekutuan injili Indonesia (PII) yang merupakan wadah yang mirip PGI namun beraliran Injili. Aliran Injili biasanya agak sedikit flexibel, sehingga kita bisa melihat ada banyak Pendeta Injili yang kemudian melayani di gereja Reformed dan ada banyak juga yang melayani di gereja Kharismatik.
Satu hal yang paling populer dari Petrus Octavianus adalah ketika dia mendoakan Yesaya Pariadji ketika baru hendak membuka gereja. Dalam doanya dia berkata bahwa Pariadji akan memimpin suatu gereja yang sangat besar, dan doa itu nyatanya memang dikabulkan.

5. Sekolah Tinggi Teologia Reformed Injili Indonesia (STT-RII)
Aliran: Reformed
Lokasi: Kemang Utara, Jakarta

STT ini memang tidak terlalu lama berdiri dibandingkan STT lainnya diatas, namun satu hal yang patut menjadi perhatian adalah ketika para lulusan dari STT ini pergi keluar dan membela mati-matian doktrin keselamatan yang mereka anut.
Hal ini tidak lepas dari pendiri STT ini sendiri, yaitu Pdt. Stephen Tong yang memang sangat kuat dalam hal pengajaran doktrin. Lulusan yang dihasilkan tidak bisa diragukan lagi pengetahuan Alkitabiahnya, walaupun seringkali dianggap dan menganggap orang Karismatik sebagai musuh utama mereka.
Lepas dari itu semua, lulusan dari STT ini dalam ruang lingkup Jakarta bisa disetarakan dengan lulusan dari STT Jakarta.

-Balasan dari STT RII, yang saya anggap sebagai klarifikasi tulisan saya diatas-
STTRII yg didirikan pd th 1991 ini didirikan oleh 3 orang hamba Tuhan: Pdt. Stephen Tong, Pdt. Caleb Tong, dan Pdt. Yakub Susabda. Sejak th. 2008, Pdt. Yakub Susabda-lah yg menjabat sbg rektor STTRII. Sayang sekali kami dikenal sbg "pembenci Kharismatik," tentu ini stereotip yg tdk menyenangkan bukan hanya bagi saudara2 kharismatik, tapi juga bagi kami segenap civitas akademika STTRII. Ada bbrp hamba Tuhan Kharismatik saat ini sdg melanjutkan studi di tempat kami, tnp meninggalkan pelayanan mrk di grj mereka. Bbrp alumni kami bahkan melayani di gereja kharismatik. Utk lbh jelasnya ttg STTRII dan spirit pelayanan kami, lihat informasi yg bisa diakses di sttrii.blogspot.com.



6. STT Duta Wacana
Aliran: Protestan
Lokasi: Yogyakarta
Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana didirikan pada tahun 1962 sebagai penggabungan dari Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang. STT ini kemudian bergabung dengan Universitas Duta Wacana.
Pada awalnya sekolah Tinggi Theologia ini hanya di dukung oleh enam gereja saja yaitu: Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Tengah (GKI Jateng), Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Timur (GKI Jatim), dan Gereja Injili Tanah Jawi (GITJ). Dukungan gereja semakin bertambah dengan bergabungnya Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Barat (GKI Jabar), Gereja Kristen Sumba (GKS), Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI), Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB), Gereja Kristen Pasundan (GKP), Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB), Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS).

7. Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia (STT Baptis)
Aliran: Baptis
Lokasi: Semarang
Secara historis, STBI didirikan oleh Misi Baptis Indonesia dari Foreign Mission Board of The Southern Baptist Convention tanggal 11 Oktober 1954, kurang dari tiga tahun semenjak mereka masuk Indonesia.
Pada bulan Juli 1971, Misi Baptis Indonesia menghentikan program reguler STBI dan menggantinya dengan program pendidikan teologia ekstensi di daerah-daerah, namun pada bulan Juli1979 program reguler kampus dengan sistem asrama dibuka kembali.
Sama seperti halnya ITKI, STT Baptis juga berperan untuk menghilangkan pendapat bahwa mereka adalah orang yang tak berpendidikan. Dengan hadirnya STT ini, mereka membuktikan bahwa gerakan yang mereka anut (Fundamental) bukan hanya suatu gerakan radikal semata tanpa adanya alasan theologis.


Berikut ini, saya juga mencantumkan daftar nomor telpon STT yang ada di Jakarta dan sekitarnya
DAFTAR NOMOR TELPON SEKOLAH TINGGI TEOLOGI DI JAKARTA
STII --Jogja di Jakarta-- 532.7651***
STT Amanat Agung -- 5835.7684-88****
STT Apollos -- 829.4977**
STT Apostolos -- 5870839**
STT Arastamar -- 800.5280***
Asia Institute Theologi -- 385.3372/380.5181/82**
STT Baptis -- 563.0362**
STT Cibinong -- 899.32162
STT TIberias jur.Kepemimpinan -- 6386.4588***
STT Ekklesia -- 350.4957**
STT Graphe -- 651.8586/6471.4156**
STT Gratia -- 84990042*
STT GRII -- 7943715 ***
STT Harvest -- 546.1091***
STT Iman -- 725.3446*
STT Jaffray -- 857.0985***
STT Jakarta -- 390.4237 ****
STT Ketapang -->Cianjur -- 633.1867**
STT Lets -- 567.9384*
STT Lintas Budaya -- 45845975/78***
STT Siloam -- 8515771/8096194 (not recomended)
STT Sunsugos -- 43932772*
STT Tiberias jur. Misi -- 63858505**
STT Bethel The Way -- 56957831**
Institut Pelita Bangsa --3855218*
Institut Theologi Rempoa -749.5754 (not recomended)
ITKI -- 5344979/53679464***

45 komentar:

  1. Jan S. Aritonang3 Juni 2011 05.04

    Sorry, saya harus ralat komentar sebelumnya: Karel Sosipater ternyata tulus MTh PAK dari STT Jakarta tahun 2000.

    BalasHapus
  2. Wow, ternyata yang Comment adalah Pak Jan S. Aritonang, sang penulis Buku... Salah satu buku favorit saya yang merupakan karangan beliau adalah "Berbagai aliran di dalam gereja dan di sekitar gereja"...

    BalasHapus
  3. Syalom, terima kasih krn sdh memasukkan kami ke dalam daftar Anda. Btw, informasi ttg STTRII perlu sedikit diklarifikasi. STTRII yg didirikan pd th 1991 ini didirikan oleh 3 orang hamba Tuhan: Pdt. Stephen Tong, Pdt. Caleb Tong, dan Pdt. Yakub Susabda. Sejak th. 2008, Pdt. Yakub Susabda-lah yg menjabat sbg rektor STTRII. Sayang sekali kami dikenal sbg "pembenci Kharismatik," tentu ini stereotip yg tdk menyenangkan bukan hanya bagi saudara2 kharismatik, tapi juga bagi kami segenap civitas akademika STTRII. Ada bbrp hamba Tuhan Kharismatik saat ini sdg melanjutkan studi di tempat kami, tnp meninggalkan pelayanan mrk di grj mereka. Bbrp alumni kami bahkan melayani di gereja kharismatik. Utk lbh jelasnya ttg STTRII dan spirit pelayanan kami, lihat informasi yg bisa diakses di sttrii.blogspot.com. Terima kasih! Tuhan memberkati!

    BalasHapus
  4. Waduh, terima kasih sekali konfirmasi dari STTRII.
    Mungkin stereotip ini terjadi akibat pemahaman orang terhadap tulisan dan doktrin Pak Tong yang seringkali menyerang doktrin karismatik. Sebenarnya stereotip ini muncul di kalangan orang2 Kharismatik.

    Tapi, saya mengucapkan terima kasih atas masukkannya. Saya sendiri adalah seorang Calvinis, tapi saya seorang Kharismatik.

    ---Komentar dari STTRII adalah sebagai tambahan, konfirmasi dan editan dari tulisan saya diatas---

    BalasHapus
  5. Ulasan yg sangat menarik. Dari daftar STT terbaik, tidak ada yg dari Sumatera ya?

    BalasHapus
  6. @Anonim: Kalau ada informasi mengenai STT di Sumatera silahkan di post karena saya agak kesulitan mencari informasinya.

    @Dora Assa: Setuju sekali, hanya saja saya hanya menggambarkan kondisi yang ada sekarang. Kondisi yang ada sekarang sama sekali berbeda dengan kondisi yang kita harapkan. Itu sebabnya, mari kita bangun Kristen Indonesia yang tidak terlalu berfokus pada perbedaan dan perdebatan sia-sia.

    BalasHapus
  7. Pak tolong juga masukkan STT Amanat Agung Jakarta dari Sinode Gereja Kristus Yesus dan STT Bandung dari Gereja Kristus Tuhan STT ini doktrin Teologinya juga berhaluan Reformed

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya STT Bandung itu dibawah naungan Sinode Gereja Injili Indonesia ( Hok Im Tong ) terima kasih

      Hapus
  8. @Anonim: Terima kasih pak Anonim.. saya juga mengagumi STT Amanat Agung. Hanya saja informasi yang saya dapatkan masih minim. Dan saya juga dulu sempat ingin kuliah disana untuk S2.
    Kalau boleh, Anda kirim saya email untuk info lebih detail agar saya bisa masukkan itu ke blog ini.
    Kl STT Bandung saya belum pernah dengar.

    BalasHapus
  9. Bagaimana dengan STT GMI yang ada di Bandar Baru Sumatera Utara Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Bagus Ade,
      Saya sangat mengucapkan terima kasih atas masukkannya. Tapi saya belum memiliki datanya. Saya juga sudah cari di internet mengenai infonya tapi tidak saya dapatkan. Jika berkenan, boleh Bapak menyertakan tulisan bapak biar saya bisa masukkan di blog saya.
      Terima kasih Pak Bagus Ade.

      Hapus
  10. STT terbaik itu STT yang diberkati Tuhan Yesus, mau dimanapun dimanapun kalo Tuhan hadir ditengah- tengah kita akan terbukti kuasaNya dan mujizatNya nyata dan hidup amin.

    >_<

    BalasHapus
  11. kalo STT SAPPI yang beralamat di Kampung Palalangon Kec. Ciranjang. Kabupaten Cianjur JABAR.......gak dimasukin???makasih

    BalasHapus
  12. Shalom.....bisa gak STT SAPPI dicantumkan..STT SAPPI Makasih Tuhan Yesus berkati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas abraham, saya pernah kok berkunjung kesana.
      Tp saya ga punya info detail mengenai STT itu ataupun para lulusannya yg dikenal luas oleh para teolog.
      Kl ada referensi, silahkan kirim yah, maka dengan senang hati saya akan masukkan dalam daftar ini.

      Hapus
  13. Pak untuk STTRII kok blognya gak bisa dibuka yah? Apakah mereka sudah punya website yg official? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.reformedindonesia.ac.id/

      Hapus
  14. Herlianto itu juga pernah kuliah di Institut Injil Indonesia(I-3)pak, pak Setiawan Sutedjo yg Ketua Umum Sinode Gereja Kristus kalau tidak salah lulusan I-3 juga pak.

    BalasHapus
  15. Pak mohon informasi untuk sekolah alkitab utk misi penginjilan karismatik di daerah bogor.Thanks

    BalasHapus
  16. Pak mohon informasi sekolah alkitab misi penginjilan karismatik di daerah bogor dan sekitarnya. Thanks

    BalasHapus
  17. bagaimana kalo STT - GKLI ,d/a kabupaten Humbang hasundutan.di sumatera utara pak..@
    apa masuk hitungan di kancah kekristenan,atau ketika mereka yang lulus dari STT tersebut,tidak boleh atau tidak di terima menjadi pelayan di gereja -gereja lain selain di GKLI-GEREJA KRISTEN LUTHER INDONESIA.( kadang nasib gereja kecil hampir sama dengan rakyat kecil.hanya di pandang sebelah mata...tolong pak di luruskan misi kekristenan untuk penginjilan.bukan untuk pengakuan publik semata.karena saya melihat pergolakan perbedaan dari kekristenan ini sekarang sudah sangat mengkwatirkan.

    BalasHapus
  18. Klo STT - GKLI d/a Humbang hasundutan.sumatera utara.masuk hitungan gak pak..!!
    saya pernah dengar hanya lulusan dari STT ternama saja yang di terima melayani di gereja di Luar GKLI.dan itu memang terbukti.
    gereja kecil yang dengan semangat penginjilannya melayani Tuhan, tapi hampir sama dengan rakyat kecil di negeri ini.hanya di pandang sebelah mata oleh yang katanya hebat dan peringkat number one.
    STT GKLI - GEREJA KRISTEN LUTHER INDONESIA.

    BalasHapus
  19. wow mnganggap gereja kharismatik sbgai musuh,,brrti itu skplah ap..klu gtu itu nmnya sekolah theologia hncur,,,yesus tdk prrnh mngjrkn brmusuhan..

    BalasHapus
  20. Terima kasih untuk pak Garry atas kesediaannya memuat informasi yang diberikan dengan menggunakan metode kualitatif subyektif. Bagi para rekan-rekan hamba Tuhan, marilah dengan hati dan pikiran terbuka kita cukup membaca saja, dan hitung-hitung menambah wawasan tentang STT yang mungkin sudah kita kenal, karena untuk apa diperdebatkan, toh ini persepsi pribadi dari pak Garry sendiri.

    Maju terus dan tetap berkarya bagi kemuliaan-Nya dengan menghargai persepsi orang lain.

    BalasHapus
  21. Terimaksih banyak dan Tuhan berkati untuk infonya.
    saya harap bapa bisa juga memasuka nama-nama dan Alamat STT yang ada di seluruh pulau jawa ataupun se indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ada di blog saya, silahkan klik di
      http://pastorgarrytengker.blogspot.com/p/link.html

      tapi hanya nomor telpon
      DAFTAR NOMOR TELPON SEKOLAH TINGGI TEOLOGI DI JAKARTA
      STII --> Jogja -- 532.7651***
      STT Amanat Agung -- 5835.7684-88****
      STT Apollos -- 829.4977**
      STT Apostolos -- 5870839**
      STT Arastamar -- 800.5280***
      Asia Institute Theologi -- 385.3372/380.5181/82**
      STT Baptis -- 563.0362**
      STT Cibinong -- 899.32162
      STT TIberias jur.Kepemimpinan -- 6386.4588***
      STT Ekklesia -- 350.4957**
      STT Graphe -- 651.8586/6471.4156**
      STT Gratia -- 84990042*
      STT GRII -- 7943715 ***
      STT Harvest -- 546.1091***
      STT Iman -- 725.3446*
      STT Jaffray -- 857.0985***
      STT Jakarta -- 390.4237 ****
      STT Ketapang -->Cianjur -- 633.1867**
      STT Lets -- 567.9384*
      STT Lintas Budaya -- 45845975/78***
      STT Siloam -- 8515771/8096194 (not recomended)
      STT Sunsugos -- 43932772*
      STT Tiberias jur. Misi -- 63858505**
      STT Bethel The Way -- 56957831**
      Institut Pelita Bangsa --3855218*
      Institut Theologi Rempoa -749.5754 (not recomended)
      ITKI -- 5344979/53679464****

      Hapus
  22. Syalom? Masih ada banyak sepertinya pak stt stt di jakarta yang belu masuk, jangan tangung2 pak, cari data aja semua dan ksih info yang baik, biar berguna juga bagi orang2 yang cari stt. Terimasih GBU

    BalasHapus
  23. Kalau mau ambil prof. Dimana ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya untuk ambil profesor hrs menjadi guru besar. Krn profesor bukanlah gelar yg diambil dr jalur pendidikan.
      Anda hanya bisa menjadi guru besar jika sekolah teologinya berstatus universitas.
      Untuk menjadi universitas maka pendidikan tinggi minimal hrs punya 4 fakultas.

      Para pembaca lainnya mungkin punya info dan jawabannya, ayo tolong dibantu jawabannya

      Hapus
  24. Kalau mau ambil prof. Dimana ya ...

    BalasHapus
  25. Kalau mau ambil prof. Dimana ya ...

    BalasHapus
  26. saya tamat dari sma mw ambil sekolah theologia...
    saya di sumut..
    syarat fan ketentuan apa ya???

    BalasHapus
  27. pak coba dimasukkan juga sekolah tinggi agama kristen protestan negeri Ambon

    BalasHapus
  28. Kalau saya punya datanya dan para alumnus yang memang sudah berkarya di teologia, saya pasti masukkan.
    Kalau bapak punya datanya, silakan kirim saya ke email garrytengker@gmail.com

    BalasHapus
  29. Apakah Semua STT Yg Bp Masukan Di Blog Bp,Pnya Syarat Terntentu Untuk Masuk Ke Sekolah Tersebut ?
    Kalaupun Punya Apakah Bp Bs Memberitahukan Sedikit datanya Kpd Saya ?
    Terima Kasih

    BalasHapus
  30. Biasanya untuk S1:
    - Akte Baptis,
    - Ijazah SMU
    - Kalau sekolah aliran karismatik dan pentakosta biasanya ditambahkan syarat (Lahir Baru), tapi saya kurang tau apa indikatornya.

    Kalau kuliah S2, khusus untuk aliran Protestan dan Reformed, biasanya harus lulus S1 dan kemudian melayani selama 2 tahun (tidak boleh dari S1 langsung ke S2, tapi harus tunggu 2 tahun dulu).

    BalasHapus
  31. terimakasih bro artikel bermanfaat
    tapi aku nambah 1 saran lagi klo data nya ditambhkan web dri sekolah tsb
    agar lebih mudah mencari informasi
    terimakasih JBU

    BalasHapus
  32. Daftar STT Se-indonesia yang sudah Memakai Program Perpustakaan yang saya bikin :

    atau bisa melihat situs Kami di http://www.indonesiantheologicallibrary.com/

    1. STAKN TARUTUNG (kampus negri)
    2. STT BAPTIS MEDAN
    3. STT SUMATERA UTARA
    4. STT SUMATERA
    5. STT PAULUS
    6. STT SILOAM
    7. STT WILLIAM CAREY
    8. STT SOLA GRATIA
    9. STT GLOBAL MISSI
    10. STT IMMANUEL EL-SHADAY
    11. STT INJIL ANUGERAH ALLAH
    12. STT RENATUS
    13. STT MARTURIA TANJUNG BALAI
    14. STT CALVARY BATAM
    15. STT IBNU SINA BATAM (SEKOLAH TINGGI TEKNIK)
    16. STT AGAPES JAKARTA
    17. STT CIANJUR
    18. STT INTI BANDUNG
    19. STT BAPTIS BANDUNG
    20. STT II SURABAYA
    21. STT HAPPY FAMILY
    22. STT TEBERNAKEL INJIL ALLAH
    23. STT HAPPY FAMILY
    24. STT ANGUGERAH SURABAYA
    25. STT TEBERNAKEL LAWANG
    26. STTII SAMARINDA
    27. STT PETRA SAMARINDA
    28. STT TENGGARONG
    29. STT BETHANY BALIKPAPAN
    30. STAK SAMARINDA
    31. STT EKKLESIA PONTIANAK
    32. STT JEFFREY MAKASAR
    33. STT MARTURIA PALU
    34. STTII PALU
    35. STT BALA KESELAMATAN
    36. STT SOLAFIDE
    37. STT INJIL KEJURUAN KUPANG
    38. STT KINGDOM BALI
    39. STII BALI
    40. AKINDO JOGJAKARTA
    41. STIKES ELISHABETH
    42. UNIVERISTAS METHODIS
    43. STT NAZARENE JOGJAKARTA

    Silahkan Jika Ada STT yang PERPUSTAKAANNYA belum menggunakan Komputerisasi,
    Silahkan Hubungi saya
    081392099973
    081903746766
    PIN BB : 20ED0441
    it_robbysetiawan@yahoo.com

    saya juga MEnirima jasa Pembuatan WEBSITE KAMPUS dengan Harga yang Murah...

    Terima kasih Tuhan Yesus Memberkati...

    BalasHapus
  33. Mau nanya dong, sekolah theologi yang ada asrama nya yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Thresia,

      Saya sudah balas via email jawabannya yah!

      Hapus
    2. Ke STT Lintas Budaya, Kelapa Gading Jakarta Utara saja

      Hapus
  34. mahasiswa yang ingin transfer bgmn ?
    apa lebih baik mengulang dari awal ataukah bertekat untuk transferr..

    BalasHapus
  35. Koq banyak banget STT di Jakarta (P. Jawa)....mungkin pemerintah q/c Kemenag RI terlalu mudah memberi izin pendirian STT...Klo versiku, STT yang terbaik ialah: STT Jakarta, Fak. teologi Dutawacana, Fak. teologi Sataya Wacana, STT INTIM, STT HKBP, dan STT Abdi Sabda...yang lain lewat...

    BalasHapus